Pentingnya Peran Label Pada Kemasan Minyak Goreng
23.41
Strategi pemasaran
yang baik adalah strategi yang bisa menjadi penentu antara produk yang
sukses maupun yang gagal. Bahkan para pelaku bisnis yang telah besar
sekalipun akan menginvestasikan banyak uang serta waktu mereka untuk
menciptakan sebuah strategi pemasaran yang fantastis ketika meluncurkan
sebuah produk baru.Tak terkecuali ketika memasarkan produk minyak goreng.
Umumnya para pelaku industri minyak goreng bersaing ketat dengan perusahaan yang
lebih besar dengan anggaran pemasaran yang besar pula. Tentu saja ini bukan
menjadi perkara mudah bagi pelaku industri rumahan. Meskipun strategi pemasaran secara
online melalui media sosial dan website cukup membantu, namun hal
tersebut belum cukup.
Hal yang paling banyak diabaikan oleh para pelaku industri minyak goreng adalah membuat
label kemasan minyak goreng. Kebanyakan dari pemilik bisnis kecil
atau UKM lebih berkonsentrasi pada mencetak selebaran, atau membeli ruang
untuk iklan dan kampanye email.
Padahal, perlu pelaku bisnis ketahui
bahwa banyak konsumen yang akan lebih tertarik dengan kemasan yang baik.
Bahkan, desain kemasan minyak goreng bisa menjadi kunci penting dari strategi
pemasaran. Karena kita semua secara alami pastinya lebih tertarik pada visual
atau penampilan.
Jadi bagi Anda para pelaku industri minyak goreng, tak ada salahnya bila mulai
mempertimbangkan untuk berinvestasi pada label dan juga kemasan
produk sebagai prioritas. Salah satu aspek penting dalam sebuah kemasan
bagi para pemilik bisnis adalah adanya label, dan cara untuk
mendapatkannnya juga paling sulit.
Label produk
adalah salah satu faktor penting yang bisa menguatkan branding dalam
persaingan bisnis yang semakin ketat. Adanya label dalam sebuah kemasan
produk menjadi sebuah pengenal sekaligus pembeda dari para kompetitor
yang lain. Melalui label produk, pemilik bisnis bisa menyampaikan
informasi mengenai kualitas, brand, kode produksi, legalitas, petunjuk
dan lain sebagainya. Meskipun produk yang dijual sama, namun informasi
yang akan disampaikan antara pemilik bisnis yang satu dengan yang
lainnya pastinya berbeda.
Penting bagi Anda pemilik bisnis untuk mencantumkan semua informasi
tentang produk secara akurat, terutama mengenai informasi hukum. Selain
itu, pastikan juga Anda mencantumkan informasi tersebut dalam bahasa
inggris atau bahasa internasional jika Anda mempunyai niat untuk
mengekspor produk yang Anda miliki.
Pemberian label produk dalam kemasan minyak goreng selain merupakan kesempatan bagi
para pemilik bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang potensial
juga merupakan persyaratan hukum. Untuk itu, sebagai bahan
pertimbangan, Anda harus memperhitungkan kata-kata yang tepat yang akan
Anda cantumkan pada label kemasan minyak goreng.
Bayangkan saja jika Anda adalah pemilik bisnis minyak goreng yang
sangat laris dan sedang naik daun, namun Anda tidak memiliki merk atau
brand. Tiba-tiba, ada kompetitor datang dan bergerak pda bisnis yang
sejenis, dengan kondisi yang seperti itu pastinya market atau pasar pun
akan terbagi. Hal ini tentu saja bisa menurunkan penjualan minyak goreng
milik Anda, karena konsumen tidak bisa membedakan mana produk milik
Anda dan mana produk milik kompetitor.
Akan berbeda jika produk milik Anda mempunyai merk atau brand yang
dilengkapi juga dengan label produk. Maka para konsumen pastinya dapat
dengan mudah mengenali produk Anda dan tidak akan gampang berpaling ke
produk lain yang sejenis karena mereka telah percaya dengan brand atau
merk Anda sekaligus telah mengetahui kualitas rasa dari minyak goreng
milik Anda. Hal inilah yang menunjukkan peran penting label dalam
kemasan minyak goreng.